English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Thanks for your attention. I'm a newbie and your comments will help me to improve.
We have been moved to pindapata.wordpress.com

Kamis, 27 Oktober 2016

Cintamani Cakra Dharani (意寶輪王陀羅尼)



Sanskrit:
Namo ratna-trayāya
Nama āryā-valokite-śvarāya bodhi-sattvāya mahā-sattvāya mahā-karuṇikāya
Tadyathā: Oṃ cakra-varti cintāmaṇi mahā-padme, ru ru tiṣṭha jvala, ākarṣāya hūṃ phat ̣svāhā
Oṃ padma cintā-maṇi jvala hūṃ
Oṃ varada padme hūṃ
 
English:
Adoration to the Three Gems.
Adoration to the Noble (ārya) Lord (īśvarā) who gazes down (avalokite) the world (loka), the enlightened sentient being, the great sentient being, the great compassionate one!
Like this: Oṃ! Turn the wheel, the wish-fulfilling jewel, the great lotus, (quick, quick), Flame stays firm! Calling for the holy mind to destroy obstacles, So be it!
Om! Lotus, wish-fulfilling jewel, flame, hum!
Om! Boon bestowing lotus hum!


Chinese:
南無佛馱耶
 NA MO FO TUO YE
南無達摩耶
NA MO DA MO YE
南無僧伽耶
NA MO SENG QIE YE
南無觀自在菩薩 摩訶薩
NA MO GUAN ZI ZAI PU SA MO HE SA
具大悲心者
JU DA BEI XIN ZHE
怛姪他唵
DA ZHI TA AN
斫羯囉伐底 震多末尼
ZHUO JIE LA FA DI ZHEN DUO MO NI
摩訶跋蹬迷嚕嚕嚕嚕
MO HE BO DENG MI LU LU LU LU
底瑟吒爍囉阿羯利
DI SE ZHA SUO LA O JIE LI
沙夜吽癹莎訶唵鈸蹋摩
SHA YE HONG FA SA HE AN BO TA MO
震多末尼爍囉吽
ZHEN DUO MO NI SUO LA HONG
唵跋喇陀跋亶迷吽
AN BA LA TUO BO TAN MI HONG

Dikutip dari ”Cintamani Cakra Sutra”.
Untuk memenuhi segala permintaan yang berdasarkan suci oleh para umat. Apabila mereka tekun membaca mantra ini, apa yang diniatinya pasti dapat dicapai olehnya. Demikian pula pada waktu ia menjelang ajalnya dapat melihat Buddha Amitabha serta Bodhisatva Avalokitesvara dan lain-lainnya.

Cintamani Cakra Dharani sering disebut mantra pengabul keinginan (wish fulfilling mantra). Sedikit berbagi pengalaman, saya membaca dharani ini selama proses perbaikan tugas akhir. Status kelulusan saya saat itu “Lulus Bersyarat” yang artinya status kelulusan itu sendiri masih digantung. Kendala terbesar ada pada salah seorang dosen penguji yang tidak bersedia menerima pernyataan saya bahkan sebelum saya menguraikan maksud pernyataan saya pada beliau. Pada setiap kesempatan dimana saya menemui beliau, saya harus berlapang dada menerima penolakan dengan kondisi yang selalu sama (ditolak sebelum menjelaskan). Dalam kondisi putus asa akibat deadline perbaikan yang semakin dekat disamping pekerjaan saya yang semakin menumpuk akibat terlalu sering izin demi tugas akhir, saya teringat akan dharani ini. Setiap malam selama lebih dari seminggu, saya membaca Cintamani Cakra Dharani sebanyak 108 kali dengan harapan keteguhan hati dosen penguji dapat luluh sedikit. Pada hari perbaikan saya diterima, dosen penguji masih tetap menolak pernyataan saya sama seperti sebelumnya. Tidak seperti sebelumnya, kali ini saya bertekad tidak akan pulang sampai batas akhir “perdebatan” saya dengan penguji. Berbagai teknik saya gunakan agar penguji setidaknya bersedia mendengarkan penjelasan saya namun hasilnya tetap nihil. Sampai akhirnya saya mendapat bantuan seorang bapak dosen yang kebetulan sedang berada di ruangan tempat saya menjumpai penguji. Kebetulan lagi beliau juga lebih memahami pernyataan yang menjadi pokok persoalan dalam tugas akhir saya. Berkat bantuan bapak dosen perbaikan tugas akhir saya diterima. Sebagai bentuk ungkapan syukur, saya membaca Cintamani Cakra Dharani sebanyak 108 kali selama seminggu.
Terlepas dari keyakinan kita bahwa Cintamani Cakra Dharani dapat mengabulkan keinginan, usaha untuk mencapai apa yang kita inginkan adalah sebuah keharusan. Dan hendaknya kita tetap tulus membaca dharani terlepas dari manfaat-manfaat yang kita dapatkan. Semoga semua makhluk senantiasa berbahagia.



Šαbbє Šαttα Šαbbα Dukkhα Pαmuccαntu,  Šαbbє Šαttα ßhαvαntu Šukhitαttα

1 komentar:

  1. di Bali dahulu kala tahun 804 Saka ada sebuah Desa bernama Cintamani, seiringnya perubahan pelapalan nama Desa tersebut sekarang lebih di kenal Desa Kintamani.

    BalasHapus